Posted by: hermawanwijaya | June 19, 2008

Ternyata Joko Suprapto tidak membuat air menjadi Bahan Bakar Minyak(BBM)

BERITA TERKINI
Misteri Blue Energy

Ternyata penemuan Joko Suprapto mengenai blue energy tidak seperti yang dibayangkan banyak orang. Joko Suprapto tidak membuat air menjadi bahan bakar. Tapi, Joko hanya memanfaatkan air untuk menghemat bahan bakar minyak (BBM).

Keterangan ini disampaikan Bambang Puguh, Kepala Mekanik Divisi Konstruksi Padepokan Jodhipati, kepada wartawan di rumah Joko Suprapto di Nganjuk, Jawa Timur, Kamis (19/6/2008). Keterangan Bambang disampaikan setelah acara demo pembuktian blue energy usai.

Bambang membantah informasi yang beredar selama ini di masyarakat bahwa bosnya bisa mengubah air menjahan bahan bakar. “Yang benar, air diolah dengan serangkaian komponen, ditambah dengan elemen lain bisa digunakan untuk menghemat energi,” kata Bambang.

“Sama dengan air murni, kalau tidak dicampur dengan gula dan kopi, itu juga tidak akan enak rasanya. Begitu juga dengan blue energy. Kalau tidak dicampur dengan elemen lain, dia tidak akan berfungsi,” sambung Bambang.  

Dijelaskan Bambang, blue energy adalah proses air yang diubah menjadi hidrogen yang dalam penggunaannya tetap dibutuhkan BBM murni. Karena itu, dalam acara pembuktian blue energy terhadap mesin diesel, Joko tetap menggunakan solar sebagai campuran blue energy.

Secara terpisah, humas Padepokan Jodhipati Catur Suryadi juga membenarkan pernyataan Bambang. “Silakan Anda mengartikan seperti itu. Memang pada kenyataannya, proses penggunaan blue energy ini tetap memerlukan minyak untuk penggunaannya,” kata dia.

Bagaimana proses blue energy yang diperlihatkan Joko? Begini prosesnya. Sebuah generator dihidupkan dengan aki. Generator itu lalu menghasilkan listrik dan masuk ke pembangkit listrik. Dari pembangkit itulah, listrik kemudian  digunakan untuk memanasi air yang berada di dalam tiga tabung.

Di salah satu tabung terdapat selang, sebagai tempat untuk mencampurkan air dengan solar. Setelah air dan solar dicampur kemudian dialirkan ke dalam generator. Generator tetap menyala, meski hubungan dengan aki diputus.

Pantauan Hermawan Network, saat generator itu beroperasi, air yang berada di dalam tabung tidak lagi berwarna bening. Airnya sedikit  keruh, dengan sedikit berminyak, dan agak lengket ketika dipegang.

Kontributor: Samsul Hadi detikcom

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: